Rabu, 17 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial


Tugas 2

Tanggungjawab sosial bisnis merupakan aktivitas perusahaan sebagai integral guna kelangsungan hidup perusahaan. Identifikasi dan tanggungjawab sosial Hodgetts & Kuratko (1990) secara lebih spesifiks memasukan tanggungjawab terhadap lingkungan, energi, praktik bisnis yang baik/adil, tanggungjawab terhadap tenaga kerja dan kemanusiaan, produk maupun jasa serta komunitas.

Saya ambil contoh, Tuan Adam adalah seorang pengelola sebuah perusahaan yang dibidang jasa transportasi. Ia memiliki prinsip lakukan sesuai dengan baikdan benar walaupun hanya prilaku kecil. Setiap hari ada pelanggan yang melakukan transaksi melalaui telepon kantor. Banyaknya karyawan memiliki prilaku yang beragam. Salah satunya memunculkan berbagai sikap dalam menerima telepon dari rekan bisnis, kolega atau pelanggan.
Ketidaksengsaraan perilaku dalam menerima telepon membuat Tuan Adam khawatir, jangan-jangan banyak rekan bisnis, kolega atau pelanggan yang tidak puas dengan cara berkomunikasi lewat telpon. Tuan Hts mencoba membuat kode etik menerima telepon untuk setiap karyawan, dibuat pigura dan dipasang dekat mesin telepon kantor, sehingga setiap karyawan yang menerima telepon akan membaca. Kode etika menerima telepon yang dibuat Tuan Adam, adalah:
-          Segera terima telpon jika berdering
-          Terima telpon dengan hati senang
-          Angkat telpon dan beri salam dengan bahasa yang halus
-          Ketahui identitas penelpon
-          Dengarkan dengan baik dan jarang menyela
-          Jika yang dicari tidak ada, tolong dihubungi lain waktu
-          Jika sudah selesai berikan salam penutup
-          Tutup telpon dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar