Tugas 2
Tanggungjawab sosial bisnis merupakan aktivitas perusahaan
sebagai integral guna kelangsungan hidup perusahaan. Identifikasi dan
tanggungjawab sosial Hodgetts & Kuratko (1990) secara lebih spesifiks
memasukan tanggungjawab terhadap lingkungan, energi, praktik bisnis yang
baik/adil, tanggungjawab terhadap tenaga kerja dan kemanusiaan, produk maupun
jasa serta komunitas.
Saya ambil contoh, Tuan Adam adalah seorang pengelola
sebuah perusahaan yang dibidang jasa transportasi. Ia memiliki prinsip lakukan
sesuai dengan baikdan benar walaupun hanya prilaku kecil. Setiap hari ada
pelanggan yang melakukan transaksi melalaui telepon kantor. Banyaknya karyawan
memiliki prilaku yang beragam. Salah satunya memunculkan berbagai sikap dalam
menerima telepon dari rekan bisnis, kolega atau pelanggan.
Ketidaksengsaraan perilaku dalam menerima
telepon membuat Tuan Adam khawatir, jangan-jangan banyak rekan bisnis, kolega
atau pelanggan yang tidak puas dengan cara berkomunikasi lewat telpon. Tuan Hts
mencoba membuat kode etik menerima telepon untuk setiap karyawan, dibuat pigura
dan dipasang dekat mesin telepon kantor, sehingga setiap karyawan yang menerima
telepon akan membaca. Kode etika menerima telepon yang dibuat Tuan Adam,
adalah:
- Segera
terima telpon jika berdering
- Terima
telpon dengan hati senang
-
Angkat
telpon dan beri salam dengan bahasa yang halus
- Ketahui
identitas penelpon
- Dengarkan
dengan baik dan jarang menyela
- Jika
yang dicari tidak ada, tolong dihubungi lain waktu
- Jika
sudah selesai berikan salam penutup
- Tutup
telpon dengan baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar