PENGERTIAN PASAR
MONOPOLI
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual
untuk suatu jenis barang tertentu. Pengertian lain dari pasar monopoli adalah
suatu bentuk pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah
perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti
yang sempurna.
CIRI-CIRI PASAR MONOPOLI
Ada
beberapa ciri dan sifat dasar pasar monopoli. Ciri utama pasar ini adalah
adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat
banyak. Hambatan itu sendiri, secara langsung maupun tidak langsung, diciptakan
oleh perusahaan yang mempunyai kemampuan untuk memonopoli pasar. Cara lainnya
adalah dengan menetapkan hak paten atau hak cipta dan hak
eksklusif pada suatu barang, yang biasanya diperoleh melalui
peraturan pemerintah. Tanpa kepemilikan hak paten, perusahaan lain tidak
berhak menciptakan produk sejenis sehingga menjadikan perusahaan monopolis
sebagai satu-satunya produsen di pasar.
Ada beberapa ciri-ciri lain dari pasar
monopoli yaitu :
1.Dalam industri
hanya terdapat sebuah perusahaan
2.Produk
yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yangsempurna
3.Perusahaan
baru sulit memasuki industry
4.Perusahaan
memiliki kemampuan menentukan harga (pricemaker)
5.Promosi iklan
kurang diperlukan
FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN
MONOPOLI
Terdapat tiga faktor yang dapat
menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli. Ketiga faktor
tersebut adalah:
1. Perusahaan
Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh
Perusahaan Lain.
Salah satu sumber penting dari adanya monopoli adalah
pemilikan suatau sumber daya yang unik (istimewa) yang tidak dimiliki oleh
orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu kota adalah salah
satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber daya yang unik.
2. Perusahaan
Monopoli pada Umumnya Dapat Menikmati Skala Ekonomi (Economies of
Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang Sangat Tinggi.
Di dalam abad ini perkembangan teknologi berlaku sangat
pesat sekali. Di berbagai kegiatan ekonomi tingkat teknologi adalah sedemikian
modernnya sehingga produksi yang efisien hanya dapat dilakukan apabila jumlah
produksinya sangat besar dan meliputi hampir seluruh produksi yang diperlukan
di dalam pasar.
3. Monopoli Wujud
dan Berkembang Melalui Undang-undang yaitu Pemerintah Memberi Hak Monopoli
Kepada Perusahaan Tersebut.
KELEBIHAN DAN
KELEMAHAN MONOPOLI
Ø Kelebihan Pasar Monopoli
Keuntungan penjual cukup tinggi ,
untuk produk yang menguasai hajat hidup orang , biasanya diatur pemerintah .
Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan
semaunya. Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang .
Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi . Mampu
meningkatkan investasi ekonomi . Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui
pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing).
Ø Kelemahan Pasar Monopoli
Pembeli tidak ada pilihan lain untuk
membeli barang , keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan , terjadi
eksploitasi pembeli . Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen .
Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja . Memburuknya kondisi
makroekonomi nasional . Membruknya kondisi perekonomian Internasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar